Stuck di proses "Setting up BBM" / "Mengatur BBM"? Inilah Cara untuk Mengatasinya

Ada beberapa masalah yang sering dialami pengguna BBM baru, salah satunya adalah stuck di proses "Setting up BBM" / "Mengatur BBM". Bagi pengguna Android dengan arsitektur ARMv6 dan OS Gingerbread yang baru saja kebagian jatah BBM mungin banyak juga yang mengalaminya.

Beberapa penyebab masalah diatas adalah:
  1. Tanggal, jam, atau tahun tidak diatur secara benar, sehingga mengakibatkan gagalnya koneksi ke server BBM.
  2. Perangkat tidak bisa terhubung ke BBM Infrastructure.
  3. Ada beberapa settning Android yang mengganggu proses "Setting up BBM".
Bagaimana cara mengatasinya? berikut langkah-langkah yang bisa dicoba untuk mengatasi masalah Stuck di proses "Setting up BBM" / "Mengatur BBM":
  1. Atur waktu secara tepat (jam, tanggal, tahun), serta perhatikan pemilihan zona waktu. Untuk Indonesia, gunakan GMT+7. Untuk mengaturnya bisa melalui menu Settings → Date & time.
  2. Pastikan perangkat terkoneksi internet dengan baik. Gunakan koneksi yang cepat, terkadang proses ini tidak berjalan karena koneksi yang sangat lambat.
  3. Coba gunakan koneksi lain, misalkan Wi-Fi yang bisa menggunakan port 443, karena proses ini memanfaatkan port tersebut.
Source: Official BlackBerry Knowledge Base Site

54 Responses to Stuck di proses "Setting up BBM" / "Mengatur BBM"? Inilah Cara untuk Mengatasinya

  1. Anonymous31/1/14

    saya dah coba,,tpi tetap GA bisa, sya pke costum x peria gt,,
    apakah costum rom mempengaruhi gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Koneksi yg dipakek bener2 ngebut dan stabil gak gan?

      Delete
    2. saya pake cust. ROM kecepatannya cepet, tapi tetep stuck di "setting up bbm"

      Delete
  2. masih stuck aja nih gan, apa ngantrinya panjang ya buat dapet pin?
    udah 2 jam ngatri belom dapet dapet :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sampek 2 jam sih sepertinya emang bermasalah itu gan. Yg ngantri itu dulu pas pertama rilis gan

      Delete
    2. udah bisa gan pake cara ke 2 yang diartikel sebelumnya, thank you gan :)

      Delete
    3. gimana ya gan cara k2 aku juga kendala di seting,, mohon lebih di perjelas kk,, tadi kk berapa lama instalnya ^^

      Delete
    4. iya gann saya juga msh ttp belum bisa heehe

      Delete
    5. belo2/2/14

      kalo pake cara 2 cuma beberapa detik gan, yg di artikel agan rifki ini: http://riffrizz.blogspot.com/2014/01/bbm-for-galaxy-young-1-s5360-work.html ,pake cara ke 2, pertama ente donlot dulu tuh 2 file nya BBM for gingerbread apk sama bbm-on-gb-tb-teztazsirama.zip, sama donlot titanium backup apk (titanium backup cari aja di gugel), pertama instal titanium backup, kalo udah masuk ke aplikasinya, kalo udah extract file yang ke 2 yg ente tadi donlot: bbm-on-gb-tb-teztazsirama.zip, ada 2 file pas abis ente extract --> copy 2 file itu ke folder titanium backup (disini adanya: sdcard/titanium bcakup) paste, kalo udah baru instal BBM for gingerbread apknya instal kaya biasa, kalo udah selesai jangan pilih buka/open, ente keluar dulu, terus ente masuk ke aplikasi titanium backupnya (ke aplikasinya bukan ke foldernya) nah ente cari ada BBM for blablabla ente pilih itu --> terus pilih RESTORE (data only) --> YES, kalo udah, keluar dan coba masuk ke BBM nya, maaf kalo kurang jelas :D

      Delete
    6. ente pake app link2sd gak gan?apa gara2 filenya ke partisi ya?

      Delete
    7. belo3/2/14

      BBM nya ane taro di internal gan, coba taro aplikasi BBMnya di internal memori..

      Delete
    8. Buat semua yang Ngalamin STUCK.

      itu Tutor yang dikasih sama agan Belo WORK 1000%.
      ane dah Coba, awalnya galau setting up lama banget, akhirnya baca Comment agan belo terus ane coba Uninstal BBM nya, terus coloking Hp ke PC buat extract File bbm-on-gb-tb-teztazsirama.zip.
      nah 2file itu pindahin ke filenya titanium backup. via PC aja biar lebih gampang. kalau udah, Lepas kabel data.
      buka Titanium, Restore, terus keluar tulisan 'DATA ONLY' nah OK in.
      buka BBM.

      SELAMAT Bisa dah :D
      selamat mencoba, dan terima kasih agan Belo pencerahannya.

      Delete
  3. masalah saya :
    1. berhenti di mengatur bbm
    2. bbm berjalan tapi di status bar tidak muncul icon bbm
    gimana solusinya gan ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous9/2/14

      ckomentar ini kok gag di jawab min

      Delete
  4. gan cara 1 gagal, cara 2 mohon di perjelas di penggunaan titanium backupnya gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baca komentar gan BELO di atas gan ;) semoga membantu

      Delete
  5. Anonymous1/2/14

    Gan.. Bbm di galyoung saya.. Udah bisa di install cuman sampek "setting up" bbm nya gak siap2 gan.. Gimana solusinya ? :(

    ReplyDelete
  6. Anonymous1/2/14

    hey,,gan itu yng setting up bbm,kcepatan nya kurang,,saya saranin pake kartu telkomsel yng kcepatan ny 7.2, trus pke jaringan 3g ,,
    saya udah tes Dan hsil nya memuaskan,,

    maf kang rifki, ,aqu ksih sdikit tips

    by; Yang komen pertama anonim

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip, gak usah minta maaf, ini malah pencerahan bagi yg lain yg masih stuck di proses setting up BBM itu gan ;)

      Delete
    2. Anonymous16/2/14

      saya juga pernah stuck .. tpi setelah d coba cara 1 pun bisa
      kalau memang koneksi tidak stabil gunakan wifi kalau ga ada jadikan hp temen sebagai wifi ,, dijamin lancar jaya

      Delete
  7. gan masalah di hp galyoung ane "memuat BBM" mulu ga kelar kelar... tolong penjelasannya ...

    ReplyDelete
  8. Gan sudah da yg bisa blm di maslah "memuat BBMnya" gan...
    Dshare dnk solusinya gan...

    ReplyDelete
  9. Tambahan lagi. HH harus uda root terlebih dahulu

    ReplyDelete
  10. oscar daniel5/2/14

    ane dah berhasil gan, cuma 10menit, bbm'an dah bisa gan,,, thx gan....

    ReplyDelete
  11. Anonymous5/2/14

    Saya sudah mengkuti saran belo yang ada di komentar diatas. Tapi saya tidak bisa menemukan tombol restore ketika sy mengklik BBM 10.(blabla) di apk titanum backup. Mohon bantuannya. Terimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous12/2/14

      coba download disini bro, ga usah pake titanium-titaniuman: http://www.4shared.com/mobile/dNM8Eiogba/Bbm_for_gingerbread.html :)

      Delete
  12. Anonymous9/2/14

    apakah cara 2 bisa nyelesai.in setting up BBM min

    ReplyDelete
  13. Awalnya berhasil gan Work 100% di galyoung ane tapi sama adik ane dioprek kaya dia sign out gitu pas ane sign in lagi setting up nya lama banget. padahal koneksi wifi lancar n cepet malah ane diemnya d deket perangkat wifinya sinyalnya pun full. mohon solusinya ya gan :(

    ReplyDelete
  14. gan mohon bantuannya,,
    bbm ane lama menyetel?

    ReplyDelete
  15. alhamdulillah bisa thanks agan rifky,belo,vicky+all sangat membantu sekali yg kesusahan pasang bbm :D

    ReplyDelete
  16. klo buat blackberry gmn

    ReplyDelete
  17. Anonymous19/8/14

    kalau kernel ngaruh ga gan? ane pake kernel hellfushion50

    ReplyDelete
  18. Lancar waktu di ICS, tapi...
    Ngga jalan buat KitKat ya? ane stuck di setting up loading juga, dan kalo masuk, pin ane hilang, contact, chat, dll hilang.

    Tetep whatsapp nomer 1 bagi ane, ngga pernah ada masalah :)

    ReplyDelete
  19. gan, mhon bantuanny,, permasalahan di BBM yitu "Setting UP BBM" kalau saya menggunakan cara agan belo itu brarti nnti dpet PIN baru donk, trus contac sebelumnya apa hilang smua? soalny saya lupa email dan ID saya gan..gmn ya gan, mohon bantuannya, maksih

    ReplyDelete
  20. mohon bantuanny donk gan hp q setting up mulu nihh td ane ud coba ikutin saranny si @Belo buat download 3 aplikasi td y tp pas mw install titanium backupny koq ga mw y ??? t app buat d andro ap d PC jg bsa bingung aq ny ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Download winrar dari playstore gan.pasti berhasil.gue udah coba berkali kali.hh gak perlu root

      Delete
  21. Anonymous13/11/14

    Knp ya yg pke cos room mengatur bbm?apa kah mengaru?

    ReplyDelete
  22. saya juga setting up mulu.. saya juga udah perna bikin baru tp ttep gak bisa,, udah pindah pindah wifi yang hotspot dsb tetep aja setting up.. MOHON SOLUSINYA..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coment dari nisa ui gan, dibales dong masalah gua disini juga -_- udah pake smua cara / solusi dari agan belo tetep aja masalah di setting up

      Delete
    2. hp agan gingerbread ya, semenjak bbm update 10 november kemaren aplikasi bbm khusus gingerbread gak jalan gan. coba cek di playstore.

      Delete
  23. root access failed itu gimana ya?

    ReplyDelete
  24. Udah coba cara ke2 lewat titanium back up tetep setting up nya lamaa. Itu kenapa ya? Mohon bantuannya ya :)

    ReplyDelete
  25. Anonymous13/11/14

    kejadi bbm gue juga seperti non nisa ui, sudah benar tanggal dan waktunya, sudah pakek wifi full signal. tetep setting up.

    minta solusinya gan...

    ReplyDelete
  26. Anonymous13/11/14

    ke 3 point itu udah bener gan,, kasus sebelumnya bbm pending seharian,, ane signout aja,, eeeeeehhh pas sign in lagi ada masalah di Setup BBM gan,, ane tanya provider yg ane jadiin WIFI katanya gak ada gangguan... ane coba pake Mobile Network tetep gak bisa,, ane coba pake WIFI kantor pun tetep sama... mohon pencerahannya.!!!
    Thanks

    Icha

    ReplyDelete
  27. ane ga bs nih install bbm.apknya,,,error

    ReplyDelete
  28. Simple aja gan,gue pakai cara diatas muter2 mumet kepala gue gak berhasil.pertama yang harus agan lakukan adalah download file Winrar/rar dari playstore (1.7mb),lalu instal.step kedua,masuk file rar lalu cari mentahan bbm.apk didalam,tekan yang lama lalu ada pilihan tombol archive,klik aja.kita instal file bbm hasil extract didalam,,trada,,pasti berhasil gan.gak perlu pakai titanium backup (titanium backup perlu root device).cara ini sudah berulang2 gue coba gan.setelah berhasil gue uninstal dan gue coba lagi dan selalu berhasil.alhasil gue ada 3 akun bbm di satu hp gan ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous18/1/15

      masih gk bisa gan... gimana ni

      Delete
    2. masi nggak bisa gan... gimana ni

      Delete
    3. masi nggak bisa gan... gimana ni

      Delete
    4. Kalo buat iphone 5s hdc gmn bang.solusi yg sama ...stuck di set up/bisa masuk tp ga ada pin nya

      Delete
  29. saya sarankan coba gak pakai custom rom gan.. mungkin ada file systemyang kehapus.. saya udah coba dan hasilnya bisa lancar seperti biasa

    ReplyDelete
  30. apa bisa pengaruh karna custoom room bro

    ReplyDelete
  31. Saya pake bb monza paket udah pameran full service tapi nggak bisa buka bbm dan lambang bb nya juga nggak ada,,,mohon solusinya gan

    ReplyDelete